Konsultan Cafe Jogja – Meskipun konsep café jauh lebih casual daripada cafe lainnya, pelayanan tetap jadi perhatian penting. Mengapa demikian? karena pelanggan yang datang dari café sangat beragam. Pembeli adalah raja, pepatah ini juga berlaku bagi konsumen café. Meskipun pelayanan yang diberikan tidak full service seperti di restoran fine dining, kita harus tetap memberikan pelayanan prima pada semua pelanggan. Sehingga pelanggan akan merasa nyaman dan senang saat berkunjung ke dalam café.
Prosedur Pelayanan Konsumen Cafe Yang Benar
Selain bertugas untuk menyajikan makanan atau minuman, staf pelayan juga memiliki serangkaian tugas yang wajib dipenuhi. Berikut ini prosedur pelayanan yang umumnya kita peroleh dari cafe:
- Greeting
Prosedur pertama yang harus diberikan pada café ketika ada pelanggan yang datang adalah memberikan salam. Tujuannya untuk memberikan kesan ramah sekaligus menghargai kedatangan pelanggan.
- Seating the guest
Selanjutnya, antarkan tamu ke meja yang sudah tempat atau meja kosong. Dengan demikian, tamu tidak merasa ditelantarkan dan proses pelayanan selanjutnya pun bisa segera dilaksanakan.
- Memberikan buku menu
Meskipun berskala kecil, café hendaknya selalu menyediakan buku menu untuk memudahkan konsumen memilih minuman maupun makanan. Silakan berikan buku menu dan biarkan pelanggan berembuk untuk memilih pesanan yang diinginkan.
- Mencatat pesanan
Saat konsumen siap untuk memesan makanan, segera catat pesanan mereka dengan baik dan benar. Jangan sampai salah menuliskan pesanan pelanggan. Jika dibutuhkan, silakan ulangi lagi semua pesanan yang dipesan pelanggan untuk meyakinkan kebenarannya.
- Serving food and beverage
Berikan catatan pesanan pada bagian dapur untuk segera diproses dan saat semua makanan serta minuman siap segera sajikan di meja pelanggan. Saat berusaha untuk menyajikan makanan maupun minuman lakukan dengan menggunakan etika. Konsultan café Jogja online biasanya akan membantu training staf café, termasuk mengajarkan seputar etika pelayanan.
Jangan sembrono dan asal saat menyajikan minuman atau makanan karena hanya akan membuat pelanggan merasa risih atau tidak nyaman. Akibat paling buruk, pelanggan tidak akan sudi untuk kembali lagi ke café.
- Melakukan pembayaran
Lakukan billing system dengan sebaik mungkin, jika menggunakan mesin maka input datanya dengan sesuai. Jangan sampai salah hitung harga karena bisa menurunkan profesionalitas café di mata pelanggan. Billing system juga hendaknya dilakukan dengan cepat dan tepat, jangan sampai membuat konsumen menunggu terlalu lama.
- Mengucapkan terima kasih
Prosedur pelayanan selanjutnya adalah memberikan ucapan terima kasih. Jangan sungkan pula untuk meminta maaf bila melakukan kesalahan. Ucapan terima kasih atau maaf merupakan bentuk ramah tamah dan penghargaan yang diberikan café pada pelanggan.
- Membersihkan meja
Tugas terakhir yang harus diselesaikan café adalah membersihkan meja. Setelah pelanggan sebelumnya keluar dari dalam café, segera angkat piring dan gelas yang ada di atas meja. Lalu bersihkan dengan menggunakan lap basah atau lap kering.
Tips Konsultan Cafe Jogja Dalam Menangani Keluhan Pelanggan
Saat semua pelayanan yang diberikan sudah dirasa terbaik tapi masih ada saja keluhan yang diberikan oleh pelanggan. Untuk mengatasinya, silakan lakukan beberapa tips berikut ini:
- Step One
Sebagai pihak profesional yang sudah mengerti betul seluk beluk tentang dunia bisnis kuliner, konsultan café Jogja murah menyarankan supaya kita menangani setiap keluhan pelanggan dengan baik. Ketika pelanggan memberikan komplain, dengar semua keluhannya tanpa terkecuali. Usahakan pula agar tidak memotong pembicaraannya hingga dia selesai.
Sebelum mendatangi meja pelanggan, selalu sediakan peralatan tulis untuk mengatasi kondisi tidak menyenangkan seperti ini. Catat poin-poin yang menjadi keluhan pelanggan. Dengan melakukan tindakan ini, artinya kita telah mencoba menangani keluhan dengan pikiran terbuka.
- Step Two
Jasa konsultan café Jogja terjangkau turut menyediakan fitur konsultasi. Di mana klien bisa memberikan keluhan dan pihak konsultan akan memberikan saran atau nasihat. Ketika ada pelanggan yang komplain di café, lakukan step pertama setelah itu meminta maaflah.
Sampaikan permintaan maaf dengan tulus dan benar, jangan sampai pelanggan merasa permintaan maaf yang kita sampaikan tidak tulus. Yakinkan konsumen jika kita akan segera menindaklanjuti keluhan tersebut. Jika memungkinkan, cobalah berperan sebagai konsumen yang melakukan komplain tersebut sehingga kita bisa membawa diri dengan baik.
- Step Three
Biaya konsultan café Jogja cukup terjangkau namun manfaat yang diberikan sangat banyak, termasuk dalam memecahkan permasalahan komplain yang sering diberikan oleh pelanggan. Ketika permohonan maaf tulus telah diberikan, hal berikutnya yang perlu kita lakukan adalah menawarkan solusi penyelesaian masalah. Jangan takut untuk menginformasikan permasalahan ini pada seluruh tim café sehingga tim dapat ikut memikirkan skala prioritas yang perlu diambil dalam menangani komplain tersebut.
- Step Four
Sewa konsultan café Jogja sudah jadi lifestyle bagi para pebisnis kuliner di Jogja. Salah satu fungsi dari konsultan adalah untuk membantu mencari jalan keluar dari masalah termasuk mengatasi komplain pelanggan.
Untuk tips yang keempat ini hanya bisa dilaksanakan ketika pelanggan tidak menerima solusi yang kita berikan. Cari alternatif cara lain yang bisa mengatasi masalah ini seperti dengan menawarkan potongan harga makanan, merekomendasikan makanan lain bahkan memberikan makanan secara gratis.
Meskipun terkesan terlalu berlebihan, tapi tidak ada salahnya untuk menanyakan secara langsung keinginan dari pelanggan. Sebisa mungkin, usahakan agar komplain yang dilakukan ini tidak terjadi berlarut-larut sehingga akan mengganggu suasana di dalam café.
- Step Five
Harga konsultan café Jogja memang murah namun untuk urusan pengelolaan café mereka jagonya. Salah satu servis terbaik yang bisa diberikan konsultan café adalah penyelesaian masalah komplain pelanggan.
Setelah semua hal telah ditawarkan dan ditemukan kesepakatan antara pelanggan dengan café, maka langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah evaluasi. Lakukan perbaikan diri supaya komplain yang layangkan oleh pelanggan sebelumnya tidak akan terjadi lagi di masa depan.
Mengapa Sewa Jasa Konsultan Cafe Jogja
Café merupakan sarana umum yang kini banyak dilirik oleh anak muda Indonesia. Membangun café tidak mudah bahkan terkadang kita membutuhkan bantuan dari banyak pihak. Salah satu pihak yang berperan penting dalam pembangunan café adalah jasa konsultan café.
Kami dari MejaCafe.id akan memberikan banyak masukan, termasuk tentang prosedur pelayanan dan saran menghadapi komplain pelanggan. Menyewa jasa konsultan café atau resto sangatlah dianjurkan apalagi bagi para pebisnis kuliner yang baru memulai usaha di bidang ini.
Dengan adanya pengalaman panjang dalam menangani berbagai macam bentuk klien yang membuka usaha di bidang café dan resto, kami MejaCafe.id menawarkan jasa konsutan yang terpercaya dan terjangkau.
Kami siap membantu Anda dalam berbagai kebutuhan membuka bisnis café dan resto Anda di Yogyakarta. Sebagai salah satu kota wisata yang terkenal, saat ini daerah Yogyakarta sudah mulai banyak dibuka berbagai macam jenis café dan rumah makan. Di situlah, alasan kami menyediakan jasa konsultan café Jogja ini.
Hai.
Saya hendak membuka cafe kecil di Jogja. Saya membutuhkan jasa baik pada tahapan start up maupun operasional.
Mohon info skope service MejaCafe.id
Terima kasih telah menghubungi kami
untuk jasa konsultan cafe
silahkan Chat Fast Respon ke
082112342799
regads,